February 24, 2021

Turnamen Bulutangkis penting

Beberapa Turnamen Bulutangkis Penting di Tahun 2021 Sudah Dirilis BWF

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) telah merilis jadwal turnamen yang akan digelar pada tahun 2021. Pengumuman itu dilakukan BWF pada tanggal 21 Desember tahun lalu. 

Dalam kalender ini setidaknya ada enam turnamen bulutangkis penting dan wajib diikuti oleh para pebulutangkis dunia. Selain itu kalian para pecinta bulutangkis juga wajib tau apa saja turnamen yang diselenggarakan.

Turnamen Bulutangkis penting

6 Turnamen Bulutangkis Bulutangkis di Tahun 2021

Pandemi Covid 19 yang mulai 2020 lalu membuat BWF terpaksa membatalkan sejumlah agenda penting. Hal ini berdampak kepada para atlet bulutangkis untuk bersiap di banyaknya hajatan di tahun 2021. 

Meski sudah merilis jadwal pertandingan, namun BWF tak bisa menjamin kalender itu akan terlaksana sesuai jadwal. Mengingat situasi Covid 19 yang memunculkan banyak tantangan untuk menjalankan turnamen internasional. Berikut turnamen bulutangkis yang akan dilaksanakan di tahun 2021:

  • Asian Leg

Tiga event sekaligus akan dibuka di Bangkok Thailand. Permulaan musim turnamen bulutangkis 2021 ini dimulai dengan Asian Leg. Asian Leg akan mempertandingkan dua turnamen Super 1000, yaitu Yonex Thailand Open yang diselenggarakan pada 12-17 Januari. 

Selain itu ada Toyota Thailand yang diselenggarakan pada 19-24 Januari. Guna mengurangi perjalanan para atlet dan oficial, BWF lantas menjadikan Bangkok sebagai tuan rumah World Tour Finals tahun 2020 yang tertunda tersebut. World Tour Finals ini akan diselenggarakan 27 hingga 31 Januari.

  • Piala Sudirman

Direncanakan pada 23-30 Mei tahun ini, turnamen beregu paling bergengsi ini akan berlangsung di Suzhou China. China sendiri menjadi juara bertahan pada ajang ini setelah mengalahkan Jepang tanpa balas tahun lalu. Sementara Indonesia tahun lalu hanya mampu sampai babak semifinal.

  • Olimpiade Tokyo

Turnamen ini gagal terlaksana pada tahun 2020 lalu. Tahun ini Olimpiade Tokyo dijadwalkan terlaksana pada tanggal 24 Juli hingga 2 Agustus 2021. Swis Open juga dijadwalkan pada Maret tahun ini menjadi turnamen pertama tahun ini yang masuk ke dalam kualifikasi Olimpiade. 

Sedangkan India Open Super 500 bakal jadi turnamen terakhir yang masuk dalam kualifikasi ini. Turnamen ini akan dilaksanakan pada 11-16 Mei 2021. Indonesia juga akan menggelar Indonesia Master dan Indonesia Open pada 1-13 Juni. Namun pertandingan ini tak masuk dalam hitungan poin ke Olimpiade.

  • Piala Thomas dan Uber

Turnamen yang sempat mengalami kemunduran tiga kali di tahun 2020 ini akan digelar pada 9-17 Oktober. Turnamen ini awalnya akan digelar pada Mei tahun lalu, kemudian digeser ke Agustus lalu Oktober dan akhirnya tahun ini digelar. Turnamen ini akan berlangsung di Aarhus Denmark. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan DANISA Denmark Open 2021 di Odense.

  • Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Kejuaraan ini akan terlaksana di Huelva Spanyol pada 29 November hingga 5 Desember 2021. Venue pertandingan ini akan dilaksanakan Palacio de los Deportes Carolina Marín. Carolina Marin sendiri adalah pemain tunggal putri tersukses di Kejuaraan Dunia setelah mengoleksi gelar pada tahun 2014, 2015, dan 2018.

  • BWF World Tour Finals

Di penghujung tahun ini akan ditutup dengan agenda BWF World Tour Finals. Turnamen ini akan diselenggarakan di Guangzhou China. Pada turnamen ini akan mempertandingkan delapan pemain di setiap sektor yang memiliki poin terbanyak sepanjang turnamen 2021. Pada tahun 2019 Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang menjadi juara di turnamen ini.

Itulah tadi gelaran turnamen bulutangkis yang akan terlaksana pada tahun ini. Turnamen bulutangkis penting ini akan menjadi hal penting juga buat atlet bulutangkis Indonesia. Untuk kamu pecinta bulutangkis, catat tanggalnya, dan jangan sampai lupa buat nonton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *