January 19, 2021

Ratu Tisha Berhenti Kompetisi Tak Dilanjutkan Lagi, Inilah PSSI di tahun 2020

Ratu Tisha Berhenti hingga Kompetisi Tak Dilanjutkan Lagi, Inilah PSSI di tahun 2020

Tahun 2020 merupakan tahun yang berat untuk semua orang, tak terkecuali PSSI. Federasi Sepakbola Indonesia ini selalu menjadi buah bibir para pecinta sepakbola Indonesia. Tahun dimana banyak pasang surut yang dialami. 

Ratu Tisha Berhenti Kompetisi Tak Dilanjutkan Lagi, Inilah PSSI di tahun 2020

Kebijakan tentang Timnas Indonesia hingga kompetisi tak kunjung berjalan. Bagi pecinta sepakbola Indonesia, PSSI tak hanya federasi sepakbola, namun juga sarana kritik dan saran tentang persepakbolaan Indonesia. Apalagi beberapa tahun belakangan ini Timnas Indonesia tak kunjung berprestasi.

Inilah Kejadian Di PSSI Sepanjang Tahun 2020

Pimpinan baru PSSI, Mochamad Iriawan, perwira kepolisian yang terpilih pada Kongres Luar Biasa 2019 pun juga menjadi sorotan di tahun 2020. Ia memiliki mandat besar untuk memperbaiki persepakbolaan Tanah Air. 

Apalagi Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2021 yang dipastikan batal dan di geser ke tahun 2023. Masih banyak lagi momen menarik di tahun 2020 yang melibatkan PSSI, diantaranya:

  • Kongres PSSI Di Awal Tahun

Di tahun 2020 ini untuk pertama kalinya Mochamad Iriawan memimpin organisasinya untuk melakukan kongres di awal tahun. Kongres tahunan PSSI ini terselenggara pada tanggal 25 Januari 2020. Dilakukan untuk mengawali kerja di tahun 2020 hingga membuat beberapa perubahan. 

Perubahannya terdapat pada badan yudisial, yakni pergantian personel di Komite Disiplin dan Komite Banding. Selain itu, di kongres ini juga mengumumkan struktur Komite Etik dan Komite Wasit.

  • Kompetisi Terhenti Akibat Pandemi

Kompetisi Shopee Liga 1 2020 digelar cukup cepat. Kompetisi ini dimulai tanggal 29 Februari 2020. Hal ini membuat turnamen pramusim seperti Piala Presiden tak dapat digelar. Alasan PSSI memajukan kompetisi yakni memastikan kompetisi berjalan lancar, melihat banyak agenda internasional hingga Piala AFF 2020 yang akan diikuti Timnas Indonesia. 

Alih-alih kompetisi ini berjalan lancar, kompetisi berhenti akibat Pandemi Covid 19. PSSI memutuskan untuk menghentikan sementara sepakbola Indonesia. Padahal Shopee Liga 1 baru berjalan tiga pekan.

  • Ratu Tisha Mundur Dari PSSI

Disaat kosongnya kompetisi ada hal mengejutkan datang dari Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria. Pasalnya dia mengumumkan bahwa dia mundur dari jabatannya menjadi Sekjen. Ratu Tisha mengumumkannya di akun media sosialnya pada tanggal 14 April 2020. 

Pecinta sepakbola Indonesia Pun terkejut mendapat kabar ini. Hal ini dikarenakan Ratu Tisha banyak berkontribusi di PSSI dan menjadi salah satu orang yang membuat Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2021. PSSI pun menggantikannya dengan Yunus Nusi sebagai Plt Sekjen hingga berakhirnya 2020.

  • Kompetisi Gagal Dilanjutkan

Tepat dua hari sebelum kick off lanjutan Shopee Liga 1 digelar, PSSI mendapatkan kabar buruk. Pasalnya kepolisian tak mengeluarkan izin keramaian untuk menggelar kembali kompetisi. Padahal PT LIB dan PSSI sudah mempersiapkan protokol kesehatan untuk kompetisi ini. 

Akhirnya dengan berat hati PSSI mengumumkan penundaan kompetisi hingga November 2020. Namun sayang hingga bulan November kepolisian tak kunjung memberikan izin. Akhirnya PSSI memutuskan tak ada lanjutan Shopee Liga 1 pada tahun 2020 dan perencanaan kompetisi berlanjut di tahun 2021 dengan titel baru yakni Shopee Liga 1 2020/2021.

  1. Piala Dunia U20 2021 Batal Digelar

Selain kompetisi gagal dilanjutkan, PSSI dibuat pusing lagi karena mendapatkan kabar buruk. Tepat satu hari sebelum natal 2020, FIFA memutuskan bahwa Piala Dunia U17 dan Piala Dunia U20 batal digelar di tahun 2021. 

Namun kompetisi ini akan tetap berlangsung di Peru dan Indonesia pada tahun 2023. Meski kecewa Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, merespon positif keputusan FIFA tersebut.

Itulah tadi momen-momen besar PSSI di tahun 2020. Baik buruk nya semoga kita sebagai warga negara Indonesia tetap mendukung persepakbolaan Indonesia. Dengan terus berharap sepakbola Indonesia bisa menembus kancah dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *